EmasDinarku.com

Call : 0431-3321217 Email-IconFacebook-IconTwitter-Icon

Grafik Mingguan

Grafik Bulanan

Grafik Tahunan

Grafik 10 Tahun

Tabungan, Saham, Properti atau Dinar Emas


Tabungan, Saham, Properti atau Dinar EmasTabungan, Saham, Properti atau Dinar Emas

Bang bing bung yuk kita nabung
Tang ting tung hey jangan dihitung
Tahu-tahu kita nanti dapat untung

Masih ingat lagu anak-anak di atas? Ya, sejak kecil kita memang sudah diajarkan untuk menabung. Menabung adalah salah satu bentuk investasi kita untuk keperluan di masa mendatang. Tapi benarkah dengan menabung di bank, tanpa dihitung tahu-tahu kita dapat untung? Atau jangan-jangan uang kita semakin berkurang karena besarnya potongan biaya administrasi? Jawabnya : RELATIF. Tergantung besarnya tabungan kita juga. Tapi kira-kira seberapa besar keuntungan yang bisa kita dapatkan bila kita menginvestasikan uang tersebut dalam bentuk yang lain? Misalnya disimpan dalam deposito, atau dibelikan emas, tanah, atau yang lainnya? Berikut perbandingan bermacam bentuk investasi berdasarkan beberapa aspek menurut Buku Think Dinar! yang ditulis oleh Endy J Kurniawan.

Jenis Investasi

Tabungan

Deposito

Saham

Reksadana

Dinar/Emas

Sektor Riil

Tingkat hasil

Rendah

Rendah

Sedang

Sedang

Sedang

Tinggi

Tingkat resiko

Rendah

Rendah

Tinggi

Sedang

Rendah

Tinggi

Tingkat kesulitan

Rendah

Rendah

Tinggi

Sedang

Rendah

Tinggi

Proteksi nilai

terhadap inflasi

Tidak

berfungsi

Tidak

berfungsi

Tidak

berfungsi

Tidak

berfungsi

Berfungsi

Berfungsi

Likuiditas

Baik

Sedang

Sedang

Sedang

Baik

Tidak Baik


Ternyata, jenis investasi mudah dengan resiko rendah tetapi memberikan return yang cukup baik dan mudah untuk dicairkan dalam bentuk uang (likuiditas baik) adalah dinar/emas. Sedangkan tabungan meskipun mudah, rendah resiko dan mudah dicairkan tetapi memberikan return yang rendah dan kadang tidak sebanding dengan laju inflasi (nilai uang tidak terproteksi), belum lagi terpotong administrasi Bank.

Jadi bagi Anda yang belum punya banyak waktu terjun ke bisnis riil, dinar/emas sangat cocok sebagai alat investasi, selain Tingkat hasilnya lumayan, resiko , tingkat kesulitan rendah, Likuiditasnya juga sangat baik

 

Selamat berinvestasi !